Thursday, March 30, 2017

6 Hewan Laut Paling Aneh Dan Menyeramkan Di Dunia

Laut adalah suatu wilayah yang luasnya jauh lebih besar daripada daratan yang ada di Bumi. Di lautan ini banyak sekali misteri dan juga kehidupan yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan oleh pemikiran manusia. Laut telah menjadi tempat tinggal jutaan hewan yang dapat dikatakan sangat besar dan sangat banyak melebihi jumblah manusia di daratan. Karena itulah tidak heran bila disana banyak sekali hewan laut yang masih menjadi penelitian sampai sekarang. 6 Hewan Laut Paling Aneh Dan Menyeramkan Di Dunia.

Apalagi dibagian terdalam suatu lautan, kita juga akan disuguhkan dengan sebuah fenomena dimana di dasar lautan dimana tidak terjangkau oleh cahaya matahari, masih banyak hewan yang bisa hidup dengan santai dan bahagia. bahkan mereka terbiasa dan malah menjadi mati ketika harus naik ke permukaan.

Seperti halnya hewan-hewan berikut ini, yang oleh banyak orang dikatakan sebagai 6 Hewan Laut Paling Aneh Dan Menyeramkan Di Dunia. karena dari benyuk dan kelakuannya yang sangat tidak biasa.

6 Hewan Laut Paling Aneh Dan Menyeramkan Di Dunia

1. Cacing Bobbit


Hewan pertama yang akan kita bahas adalah berasal dari spesies cacing dibawah laut yang diberi nama Cacing Bobbit oleh para peneliti. Nama tersebut diambil dari sebuah nama pembunuh yang populer di era 90-an, dari segi fisik, cacing ini mempunyai bentuk yang sangat seram dan aneh.

Dapat kita lihat pada gambar diatas bentuk tubuhnya yang aneh membuat kita berpikir berkali-kali untuk menyentuhnya, apalagi dengan ukurannya yang lebih besar dari Anda, yaitu 3 meter panjangnya mungkin akan membuat Anda lari ketika bertemu dengannya.

Menurut penelitian, didalam lautan sana, Cacing Boobit ini ternyata sangat sulit untuk ditemukan. Hewan laut yang satu ini lebih banyak menghabiskan waktunya berdiam diri dan tinggal lama-lama di bebatuan di bawah laut.
Bahkan pernah terjadi ketika Cacing Bobbit ini diangkat dan di taruh di dalam sebuah akuarium yang sangat besar, Semua ikan yang ada di dalam akuarium tersebut hilang entah kemana, namun setelah di telusuri ternyata ikan-ikan di dalam akuarium tersebut di makan habis oleh Cacing Bobbit.

2. Gorgonian Wrapper


Hewan laut yang satu ini dapat kita temukan di perairan laut Indo-Pasific. Bentuknya yang aneh dan menyeramkan tersebut membuat banyak orang takut dan bahkan tidak berani untuk menyentuhnya. Banyak orang yang menganggap hewan laut yang satu ini adalah sebuah titisan atau reinkarnasi dari alien yang hingga kini masih menjadi misteri.

Dan dari data yang kami dapatkan, hewan yang bernama Gorgonian Wrapper tersebut adalah anemon laut. Tetapi karena bentuknya yang menakutkan, serta banyak sekali tentakel yang terdapat di tubuhnya, membuat banyak orang yang mengira bila Gorgonian Wrapper adalah hewan yang mematikan.

Dengan tubuh yang aneh dan banyaknya tentakel di tubuhnya ini, membuat hewan ini tidak sulit untuk memangsa hewan lain yang berdekatan dengannya. Apalagi dikatakan tentakelnya dapat mengeluarkan racun yang cukup mematikan.

3. Siput Naga Biru


Dapat dikatakan hewan yang satu ini sangat unik dan aneh bentuknya. Orang yang melihatnya pasti akan sangat kagum dengan penampilannya. Menyerupai seekor siput yang lambat. Meskipun demikian, Anda perlu berhati-hati karena tampang lucu dan unik dari hewan laut ini tidak sesuai dengan prilakunya. Walau ukurannya ekcil, ketika dia lapar, hewan yang satu ini tidak segan-segan untuk menyerang dan memangsa hewan lain yang lebih besar dari tubuhnya.

Pada habitat aslinya, Siput Naga Biru juga bisa menyerang dan memangsa hewan besar seperti Man O War yang mempunyai ukuran tubuh lebih besar dari ubur-ubur dan juga mempunyai tentakel yang beracun. Hal yang paling disukai oleh Naga Biru ini adalah menelan gelembung dan mengapung tepat di bawah permukaan laut. Dan hal ini membuatnya seperti laba-laba dari dunia fantasi yang sedang merangkak dibawah cermin air.

4. Udang Emperor


Hewan kecil dan berwarna warni seperti ini kelihatannya seperti fauna dari drama fantasi. Tetapi tidak , ini adalah seekor udang yang diberi nama Udang Emperor, dan sudah menjadi penelitian para ilmuwan sejak tahun 1967. Secara ekslusif, Udang Emperor tinggal diatas punggung dari seekor siput laut dengan spesies Hexabranchus marginatus atau nudibranch.

Dan dari berbagai penelitian, udang ini tidak menjadi incaran predator karena siput ini mampu menyerap racun, dari makanannya sendiri dan membuat dirinya beracun bila dimangsa. Mengapa Udang Emperor ini mempunyai warna yang sangat mencolok sungguh membingungkan para ilmuwan. Penjelasan paling masuk akaldari hal tersebut adalah hanya karena dia tidak perlu kamuflase. Jadi dia bisa tampil setiap saat tanpa takut dimakan.

5. Ikan Es Antartika


Dikatakan Ikan Es Antartika adalah salah satu hewan laut yang mampu hidup pada kondisi sangat ekstrim. Hewan ini biasa hidup di perairan kutub selatan yang sudah terkenal akan dinginnya tersebut. Dibawah suhu 0 derajat celcius, dan kedalaman 1 kilometer dari permukaan laut, ikan yang satu ini masih tetap dapat hidupdengan bahagia.

Dengan bentuknya yang tidak biasa, tidak salah jika Ikan Es Antartika dimasukkan dalam salah satu hewan laut yang paling aneh di dunia. Hewan ini benar-benar aneh bentuknya, tidak punya warna, apalagi darah di dalam tubuhnya pun sangatlah transparan.

Dan dengan karakteristik demikian. Ikan Es Antartika adalah satu-satunya Vertebrata di dunia yang berkembang dan mempunyai bentuk seunik ini. Para ilmuwan pun sedang meneliti tentang mengapa ikan ini bahkan bisa bertahan dan berevolusi hingga berbentuk demikian.

6. Ubur-ubur Atolia


Disebutkan hewan yang satu ini sangat banyak di lautan dan bisa ditemukan di berbagai lautan di dunia. Tetapi untuk yanhg satu ini sangat sulit untuk ditangkap, dan keberadaannya yang lebih senang menghabsikan waktu untuk hidup dan tumbuh di 700 meter dibawah permukaan laut. Seperti banyak sekali makhluk laut dalam, tubuh mereka juga bisa menyala atau dalam istilah  ilmiahnya disebut bioluminescent. 

Bentuknya yang unik ini membuat jika ia  ditangkap oleh predator-predator tersebut akan menikmati pertunjukan cahaya dari Atolla serta bisa menarik ikan yang lebih besar lagi. Hal ini membuatnya bisa kabur, Dan untuk makan, dia mempunyai satu tentakel yang panjang untuk dapat menangkap mangsa. Tentakel ini digunakan untuk memancing mangsa seperti kita memancing ikan.

This entry was posted in

0 comments:

Post a Comment