Tuesday, November 22, 2016

Inilah MADMAX, Motor Dengan Mesin Turbin Jet!


Kalian masih ingat Y2K? Bukan sejenis virus ya..! Tetapi sebuah motor bertenaga turbin gas yang sempat membuat heboh menjelang tahun 2000 an. Dan seiring waktu berjalan, sang produsen, Marine Turbine Technologies mulai mengalihkan Line bisnisnya ke bidang lain, sehingga motor ini pun mati suri.


Dan selanjutnya Zef Eisenberg, pemilik Maxicorp asal Inggris yang menyatakan tertarik melanjutkan proyek superbike turbin itu. Kesepakatan terjadi dan Y2k diboyong ke Onggris untuk dikembangkan lebih lanjut.

Dimulai dengan penggantian mesin dari Roll Royce 250-C18 menjadi 250-C20B, dengan peningkatan tenaga dari
240HP menjadi sekitar 400Hp dalam kondisi standar. Akibatnya, rangka pun harus diganti baru, demi melayani tenanga brutal ini. Dipakailah transmisi satu kecepatan dengan pelat kopling dari karbon, beberapa komponen berputar diganti dari almunium menjadi titanium. Suspensi depan memakai Marzocchi 50mm dengan Velg karbon dari BST. Proyek peremajaan ini menghabiskan dana sekitar $308.000. Y2K yang merupakan motor dengan fairing, diubah menjadi tampilan street fighter, dengan tujuan untuk menampilkan instalasi mesin turbinnya.


Saat diuji coba di lintasan bandara Elvington, Inggris bulan Mei tahun lalu, berhasil menjadi top spedd 344,4 km/jam. Dan pada bulan Agustus mempertajam rekor menjadi 361,9 km/jam. Namun, selayaknya motor street fighter tanpa fairing, ternyata memiliki nilai koefisien drag yang menjadi 0,9 jauh diatas capaian Y2K yang hanya 0,35. Lantas, demi meraih target 372,8 km/jam, tim Zef mencoba mengakali kelemahan aerodinamika ini dengan menaikkan tenaga mesin mencapai 100HP.

Dengan mengganti pompa bahan bakar khusus dan tambahan racikan bahan bakar ethanol dan air berkomposisi 70:30, motor yang diberi nama MadMax ini mampu meraih tenaga hingga 542 HP!! Namun dikatakan tenaga ini adalah perkiraan semata karena belum ada test rider yang sanggup untuk memacu motor ini diatas mesin dyno sampai putaran mesin maksimal.

Karena ditujukan untuk penggunaan di jalan umum, motor diuji coba memakai ban jalan raya dan bahan bakar diesel standar. Sebagai antisipasi semburan gas panas, di knalpot dipasang mekanisme khusus menghindari gas panas keluar secara langsung. Begitu pula di bagian turbin dipasang pengganjal khusus dari titanium mencegah turbin terpental jika terjadi kegagalan sistem.

Setelah sukses membuat dan mencoba motornya, pihak Maxicorp belum berencana menjual motor ini karena menganggap tenaga yang terlalu liar dan sulit dikendalikan



MGMCash88 - Master Agen SBOBET - Judi online - Judi Bola - Prediksi Bola

0 comments:

Post a Comment